
Oleh : Dr Dedek Kusnadi,.M.Si,MM
Dosen Ilmu Pemerintahan Uin Jambi
Serta pengamat politik dan kebijakan publik.
Rotasi jabatan yang dilakukan oleh Gubernur Jambi, Al Haris, bertujuan untuk, terus meningkatkan fungsi kerja dan layanan publik.
Rotasi jabatan merupakan strategi manajemen yang umum digunakan dalam pemerintahan, untuk mengoptimalkan kinerja pegawai dan mencegah stagnasi.
Ada pun manfaat dari rotasi jabatan yang dilakukan Gubenur Jambi Al Haris, dalam konteks peningkatan fungsi kerja dan layanan publik kepada masyarakat jambi.
Untuk menghasilkan kinerja OPD dan apatur pemerintah Propinsi jambi, secara optimal dan maksimal terlaksana.
Mulai dari Pengembangan Keterampilan.
Namun dari itu, kita lihat masih maraknya protes masyarakat atas kemacetan akibat padatnya kendaraan batubara dijalan umum, ini tentu nya, menjadi pekerjaan utama, bagi OPD dinas perhubungan yang baru di lantik.
Kita berharap ada suatu terobosan dan tindakan yang lebih kongktit dari OPD yang baru dilantik, untuk menyelesaikan persoalan angkutan batubara.
Tentu nya, harapan publik, meminta soal jalan khusus angkutan batu bara itu dikawal betul dan segera terealisasi degan program nyata, degan progres kerja yang optimal tentu nya.
Dalam konteks kinerja tentu kita juga mengapresiasi kepada Gubenur Jambi Al Haris, dimana tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Gubernur Jambi Al Haris masih sangat tinggi.
Saya lihat pada hasil riset Survei Lembaga Riset Politik Public Trust Institute (Putin) merilis bahwa sebanyak 64,30 persen responden menyatakan puas dengan kinerja Gubernur Jambi dan jajarannya.
Survei dilakukan melibatkan 880 responden di Provinsi Jambi pada 14-18 Februari 2023.
Hasil survei ini dirilis langsung oleh Direktur Eksekutif Putin Dr Pahrudin HM dan Direktur Riset Putin Hatta Abdi Muhammad.
Tentu nya, jika kita lihat dari survei tersebut Gubenur jambi, Al Haris betul – betul bergerak cepat akan persoalan program kerja yang di jalankan, itu lah salah satu tujuan nya, merotasi sejumlah OPD dilingkungan Pemerintah propinsi jambi.
Guna mengoptimalkan dan fokus pada program kerja yang harus segera di laksanakan.
Demi mewujutkan propinsi jambi konsisten terhadap projec pembagunan dan pelayanan publik.
Dengan melakukan rotasi jabatan, para pegawai, tentu akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan, keterampilan dan pengetahuan baru di lingkungan kerja nya masing – masing.
Karna dalam hal, satuan program kerja, akan terlibat langsung dalam berbagai tugas dan tanggung jawab yang berbeda.
Sehingga OPD yang baru di lantik dapat meningkatkan pemahaman dari rotasi jabatan mereka tentang berbagai aspek, pekerjaan pemerintahan dan pelayanan publik.
Peningkatan Efisiensi pada rotasi jabatan yang dilakukan oleh gubenur Jambi Al Haris, dapat membantu mengurangi ketidakefisienan yang mungkin, terjadi karena monotoninya melakukan tugas yang sama secara berulang.
Dengan pengalaman yang beragam, OPD yang baru dilantik, akan lebih terampil dalam menangani tantangan yang muncul dan dapat menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan efisiensi kerja.
Dengan rotasi jabatan, yang dilaksanakan Gubenur Jambi Al Haris tentu nya, OPD akan bekerja dengan rekan kerja yang berbeda di berbagai departemen atau unit kerja.
Hal Ini dapat meningkatkan kolaborasi dan pemahaman antarunit, sehingga memfasilitasi koordinasi yang lebih baik dalam memberikan layanan publik yang holistik dan terpadu.
Serta Rotasi jabatan yang di lakukan Gubenur Al haris, dalam birokrasi pemerintah propinsi Jambi, juga dapat menjadi sumber motivasi bagi pegawai karena mereka memiliki peluang untuk berkembang dan mengeksplorasi peran baru, sehingga mendorong keberagaman dalam perspektif dan pengalaman kerja, yang pada gilirannya dapat memperkaya pendekatan pemerintah dalam memberikan layanan yang lebih inklusif kepada masyarakat.
Pembaharuan dan Inovasi..!
Dengan rotasi jabatan, yang dilakukan Gubenur Jambi Al haris di runglingkup pemerintah propinsi jambi.
Dimana pegawai yang baru diangkat ke posisi kepemimpinan dapat membawa ide-ide segar dan pandangan baru.
Hal ini dapat merangsang inovasi dan perubahan positif dalam sistem pemerintahan dan layanan publik dalam lingkungan pemerintah Propinsi Jambi.
Namun, penting juga untuk memperhatikan bahwa rotasi jabatan harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan mempertimbangkan kepentingan semua pihak terkait.
Koordinasi yang baik, pelatihan yang memadai, dan pengawasan yang efektif harus menjadi bagian integral dari proses rotasi jabatan untuk memastikan kesinambungan dan keberhasilan nya.
Kita yakin dan percaya Gubenur Jambi Al Haris mampu, merealisasikan program kerja jambi mantap, secara bertahap dan konsisten