MUKARDI: Penakluk Sungai, Rawa, dan Kebun Sawit untuk Muara Padang Berkemajuan

Oleh: Sofriyanto
(Ketua PRM Tirtonirmolo Barat)

Muara Padang, Banyuasin, Sumatera Selatan – Dalam sebuah agenda yang penuh makna, Pak Mukardi, penerima Muhammadiyah Award 2023, melanjutkan perjalanannya untuk memperkuat dakwah Muhammadiyah di pedalaman Muara Padang. Setelah malam penuh kebanggaan di Sportorium UMY, Pak Mukardi, bersama Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tirtonirmolo Barat, berkunjung ke Pedukuhan Jeblog Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul.

Pagi itu, di Pengukuhan PRM dan PRA 2022-2027, Pak Mukardi membagikan pengalaman menggetarkan tentang bagaimana bersama sahabatnya, Pak Mantoro, ia mendirikan puluhan sekolah di tengah kebun sawit dan pedalaman yang sulit dijangkau. Kisah menarik pun terungkap, dari sekolah dengan hanya satu siswa hingga berkembang menjadi tempat pembelajaran bagi puluhan anak.

Perjalanan Pak Mukardi tidaklah mudah, dari mendirikan TK yang harus berpindah tempat hingga menghadapi penolakan. Namun, semangatnya tidak padam, walau sahabatnya kembali ke kampung. Di usia 55 tahun, Pak Mukardi memberikan pesan yang penuh inspirasi kepada PRM dan PRA Tirtonirmolo Barat: “Jangan berhenti walau kita sendiri, jangan berhenti walau kita dicaci, dan jangan berhenti walau banyak yang iri dan dengki.”

Dengan semangatnya yang membara, Pak Mukardi berpamitan untuk melanjutkan perjalanan, menjelajahi kampung halamannya di Tuban sebelum kembali ke Banyuasin. Kesuksesan Pak Mukardi adalah cerminan dari ketekunan dan semangat pantang menyerah, memberikan harapan bagi kemajuan Muara Padang dan daerah pedalaman lainnya.

*Silakan Share