Gubernur Al Haris: Saling Memaafkan di Hari yang Fitri, Wujud Sikap Umat Bertakwa

JAMBI – IDEAA.ID || Umat Muslim di Provinsi Jambi sangat antusias merayakan hari raya Lebaran (Idulfitri) 1444 Hijriah (H), Sabtu (22/4/2023). Hal itu ditandai dengan padatnya umat muslim yang mengikuti salat Idulfitri (Id) di seluruh masjid yang ada di daerah ini.

Salah satu masjid yang dipadati umat muslim pada Salat Id di Provinsi Jambi, yakni Masjid Agung Al Falah, Pasar, Kota Jambi. Puluhan ribu umat muslim dari berbagai penjuru dan kalangan di Kota Jambi mengikuti salat Id di masjid yang dijuluki masjid seribu tiang tersebut.

Gubernur Jambi, Al Haris, sendiri beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi dan para pejabat Pemprov Jambi melaksanakan salat Id di Masjid Al Falah.

Salat Id di masjid terbesar di Jambi tersebut berlangsung khidmat, aman, tertib dan lancar.

Seluruh umat muslim yang mengikuti Salat Id di masjid tersebut mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Sebagian umat terpaksa mengikuti salat di lapangan hingga tangga masjid akibat padatnya umat yang mengikuti sholat.

Gubernur Jambi Al Haris pada kesempatan tersebut mengapresiasi antusiasme warga masyarakat (umat muslim) di Kota Jambi yang mengikuti salat Id di Masjid Agung Al Falah Jambi.

Kemudian Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan jajaran keamanan yang sama-sama bisa menjaga ketertiban, keamanan dan kelancaran sholat Id dan perayaan Idulfitri di Jambi.

“Kami mengapresiasi perayaan Idulfitri di Jambi yang berlangsung khidmat, kondusif, aman dan lancar. Masjid dipenuhi warga masyarakat (umat muslim) pada salat Idulfitri. Kaum muslimin beramai-ramai datang ke masjid untuk salat Idulfitri dan saling memaafkan,” ujarnya.

Gubernur Al Haris juga mengharapkan, puasa umat muslim selama sebulan penuh berkenan dan diterima oleh Allah SWT, dan Allah juga kiranya memberikan maaf dan ampunan-Nya kepada seluruh umat yang tak luput dari khilaf dan salah.

“Saya juga mengharapkan seluruh umat muslim di Jambi bisa saling memaafkan. Hal itu merupakan wujud sikap kita hamba-hambanya yang bertakwa dan beriman,” katanya.

Usai mengikuti salat Id dan bersalam-salaman dengan warga masyarakat, Gubernur Jambi AL Haris beserta rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju rumah dinas Gubernur yang terletak di Ancol, Kasang, Kota Jambi. Di Kediaman rumah dinasnya ini, orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut menggelar acara open house (jamuan) perayaan lebaran Idulfitri 1444 H.

Adapun tamu undangan open house Gubernur Jambi tersebut bukan hanya dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lembaga pemerintahan, tetapi juga dari kalangan masyarakat biasa.

Kemudian tamu open house Gubernur Al Haris sekeluarga tersebut juga datang dari berbagai kalangan komunitas masyarakat dan keagamaan.

Tampak hadir pada open house tersebut, para pengurus Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Provinsi Jambi, umat Khonghucu, Buddha serta organisasi kemasyarakatan dan keagamaan lainnya.

Open house Gubernur Jambi tersebut juga penuh nuansa kekeluargaan, keramah-tamahan dan solidaritas. Seluruh tamu saling menyapa, berjabat tangan dan foto bersama. Selain itu para tamu juga berkesempatan berjabat tangan dan foto bersama dengan Gubernur Jambi, H. Al Haris dan isteri Hj. Hesnidar Haris.

Sementara itu, dari pantauan di berbagai masjid di Kota Jambi, umat muslim memadati masjid mengikuti sholat Id. Seusai melaksanakan sholat Id berjama’ah di masjid, umat muslim melanjutkan kegiatan berkunjung (bersilaturahmi) ke rumah orang tua maupun sanak saudara.

Kegiatan silaturahmi Idulfitri yang menjadi prioritas pertama bagi umat muslim di Kota Jambi merayakan Idulfitri membuat jalan raya di Kota Jambi ramai. Beberapa ruas jalan bahkan sempat macet akibat padatnya arus lalu lintas di kota ini.

Hingga malam hari masih banyak warga Kota Jambi yang melakukan kunjungan silaturahmi Idulfitri ke rumah sanak saudara. Kunjungan silaturahmi tersebut tidak hanya dilakukan sesama umat muslim, tetapi juga dilakukan warga beragama lain ke keluarga mereka yang beragama muslim. (Diskominfo prov. Jambi)

*Silakan Share