Inilah Alasan Oknum Peneliti BRIN yang Ancam Warga Muhammadiyah

JAKARTA – IDEAA.ID || Viral komentar seorang peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang Hasanuddin ancam warga Muhammadiyah. Setelahnya, beredar surat pernyataan alasan dari oknum peneliti BRIN tersebut.

Dilangsir dari Republika, Andi Pangerang Hasanuddin mengakui soal komentar terkait warga Muhammadiyah dari akun media sosial Facebook pribadinya. Komentar itu disampaikan di akun media sosial Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin.

“Saya berkomentar demikian dilandasi dari rasa emosi dan ketidakbijaksanaan saya saat melihat akun tersebut diserang oleh sebagian warga Muhammadiyah,” kata Andi Pangerang Hasanuddin, dalam surat yang beredar, dikutip Senin (24/4/2023).

Atas pernyataannya itu, oknum peneliti BRIN tersebut menyampaikan permintaan maaf. “Saya bersedia diproses lebih lanjut jika diperlukan dan saya minta maaf sebesar-besarnya,” katanya.

Sebelumnya, akun media sosial AP Hasanuddin menyampaikan komentar dalam unggahan Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin ihwal Muhammadiyah yang tidak taat kepada pemerintah soal penetapan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Pada salah satu komentarnya, akun AP Hasanuddin menyampaikan balasan, yang isinya “Perlu saya halalkan gak nih darahnya semua Muhammadiyah? Banyak bacot emang!!! Sini saya bunuh kalian satu-satu. Silakan laporkan komen saya dengan ancaman pasal pembunuhan! Saya siap dipenjara. Saya capek lihat pergaduhan kalian.”

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghimbau agar warga Muhammadiyah tidak terpancing dengan komentar sinis tersebut.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dadang Kahmad mengimbau agar warga Muhammadiyah agar tetap bijak, dewasa.

“Kami mengimbau agar warga tidak terpancing dengan berbagai cemoohan, sinisme, tudingan, hujatan, kritik yang menyerang, hingga ada oknum yang mengancam secara fisik terkait perbedaan pelaksanaan idul fitri 1444 H,” tutur Dadang Kahmad pada Senin (24/4).

(Sumber: republika.or.id, Muhammadiyah.or.id)

*Silakan Share