Memasuki Tahun Politik 2024 Mendatang, Masyarakat Harus Dewasa Dalam Berpolitik

Oleh: Robby Seprianto, S.A.P – Lembaga Politik dan kajian Strategis (PMII KERINCI-SUNGAI PENUH)

Sebentar lagi kita memasuki masa pesta demokrasi secara serentak seluruh indonesia. Dimana beberapa daerah akan melaksanakan pemilihan legislatif dan eksekutif secara bersama.
Mulai dari pemilihan presiden,DPR, DPD, Kepala Daerah (Gubernur, Bupati/Walikota), DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Tentunya Suasana dan dinamika politik di beberapa daerah mulai muncul dan mencuat dipermukaan.

Kabupaten Kerinci merupakan salah satu Kabupaten di wilayah Provinsi jambi, yang akan ikut melaksanakan proses pemilu serentak 2024 Mendatang.

Mari bersama-sama rakyat harus dewasa dalam berpolitik, dan Berpolitik dengan cara yang baik.Yang namanya adu program, adu gagasan, adu prestasi, adu rekam jejak, cara-cara seperti itu yang harus dikedepankan.

Jangan sampai soal politik, kita jadi bermusuhan baik keluarga maupun tetangga. Politik itu ada kalah dan menang, jadi bijak lah menyikapinya.

Kita minta kepada masyarakat agar tidak terpecah belah ketika ada perbedaan pilihan politik baik di Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pilkada. Silakan ada perbedaan politik atau pandangan tidak apa-apa. Ini demokrasi.

Tapi jangan sampai, karena perbedaan pilihan politik tidak saling sapa. Apalagi, di tahun-tahun politik mulai merebak berita bohong (Hoax) atau fitnah di media sosial (medsos).

Untuk itu, masyarakat lebih bijak mencerna dan tidak mudah percaya informasi yang beredar di medsos. Masyarakat harus mengecek kebenaran informasi tersebut.

Perbedaan politik dalam pemilihan umum adalah hal yang biasa. Kendati demikian, masyarakat perlu untuk melihat dengan jelas rekam jejak, program, prestasi dan gagasan kandidat. Kita harus bawa rakyat kita ke dalam kematangan dan kedewasaan dalam berpolitik.

*Silakan Share