Implementasi Pendidikan Politik dalam Pemilu Serentak 2024

Pendidikan politik merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bernegara untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas. Pendidikan politik diharapkan dapat membantu manusia memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, berwawasan kedepan dan memiliki sikap tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menentukan arah negara atau suatu daerah kedepan. 

Dewasa ini, banyak pandangan negatif yang berkembang terkait segala hal yang berbau politik dan berhubungan dengan Politik, Padahal dalam sebuah politik terdapat kajian-kajian  penting mengenai kehidupan bernegara yang baik Sebagai warga Negara Indonesia kita harus memahami politik yang demokratis berdasarkan pancasila dan UUD 1945 agar kehidupan berbangsa dan bernegara dapat berjalan dengan baik.

Politik menurut aristoteles adalah merupakan usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama Akan tetapi sebaliknya politik dikambing hitamkan mayoritas masyarakat mengartikan politik sebagai segala cara untuk mendapatkan kekuasaan. Sebenarnya ini merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah, elite partai politik, dan partai politik serta masyarakat agar hal ini tidak salah kaprah pada akhirnya semua pihak harus turut serta dalam pendidikan politik dan sosialisasi politik agar terwujudnya demokrasi yang berkualitas dan semua pihak ikut berpartisipasi dalam pemilu.

Pendidikan politik harusnya dimaknai sebagai upaya untuk membangun pondasi bermasyarakat maupun bernegara. Pengembangan pendidikan politik harus dibangun agar pemberdayaan dan penguatan masyarakat mau dalam berpartisipasi membangun negeri ini. siapapun mereka, dari golongan apapun mereka mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan politik Sehingga tidak adanya diskriminasi terhadap generasi muda Indonesia untuk berbicara politik.

tingkat pengetahuan politik masyarakat saat ini sangatlah penting dalam kondisi bangsa masih dalam transisi, Masyarakat harus mampu memilah dan memilih serta berhati-hati dalam mengikuti arus perubahan politik dan juga dalam menghadapi pemilu yang akan diadakan pilkada serentak 2024 di Indonesia yakni pemilihan Presiden, DPR, DPD dan DPRD pada bulan Feruari 2024 mendatang menentukan nasib arah kemajuan Negara dan Daerah. 

Pendidikan politik ditengah masyarakat pentin untuk mengubah mindset yang ada dimasyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat merupakan indikator yang sangat penting untuk memudarkan berkembangnya money politik, Dalam hal ini diperlukan tingkat pengetahuan politik masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam demokrasi secara langsung dan tidak terjadinya fenomena golput dikalangan masyarakat luas.

Perlunya penanaman nilai-nilai berdemokrasi dalam sosialisasi politik agar  pemilu aman, damai, jujur dan kondusif dalam memilih. Hal tersebut dapat menyadarkan individu untuk memilih berdasarkan hati nurani untuk menciptakan demokrasi yang dicita-citakan pancasila.

Oleh: Ilham Kurniawan,S.IP (Anggota PPK Air Hangat / Divisi SDM & Parmas)

*Silakan Share