ADA APA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Oleh : Ardi Muhammad Fikri – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jambi

Indonesia termasuk negara yang mempunyai tingkat kelahiran yang tinggi
dimana generasi muda adalah harapan kita untuk mengembangkan negara ini
yang tidak lain adalah tinggi akan ilmu pendidikannya. Dengan perkembangan
yang pesat terutama di Era Globalisasi telah merambah masuk di semua
sektor kehidupan bangsa Indonesia, yang pada akhirnya berdampak terhadap
cara berfikir masyarakat Indonesia.

Dan di Indonesia, pendidikan diatur dalam peraturan yang mewajibkan setiap
warganya untuk menempuh pendidikan. Meski sudah diatur dalam susunan
peraturan yang jelas,apakah sudah pendidikan kita mencapai tujuannya?,
Tentu saja belum karena dapat dikatakan berhasil atau tidak tergantung pada
hasil dari pendidikan itu sendiri.

Apakah anak yang menempuh pendidikan tersebut terlihat lebih atau tidak,itu tidak menjadi tolok ukur suatu keberhasilan pendidikan itu sendiri. Ya,memang seringkali kita temui orang yang
menganggap nilai dari hasil belajar merupakan hasil dari pendidikan, padahal
itu salah besar. Hakikat pendidikan bukanlah angka, tapi proses. Bagaimana
seseorang terbentuk menjadi manusia yang semestinya adalah inti dari pendidikan.

Jadi mari kita lihat dunia pendidikan kita. Apakah anak-anak yang
setiap hari sekolah itu menjadi manusia yang lebih baik? Apakah dunia
pendidikan kita sudah jauh dari kata money oriented? Jika belum, tampaknya
pendidikan kita masih jauh dari kata berhasil.

Dan penyebab rendahnya pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah
efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi
masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Selain kurang kreatifnya
para pendidik dalam membimbing ssiswany dan urikulum yang sentralistik
membuat potret pendidikan semakin buram. Kurikulum hanya didasarkan pada
pengetahuan pemerintah tanpa memperhatikan kebutuhan masyarakat.

Pendidikan tidak mampu menghasilkan lulusan yang kreatif,sehingga para
lulusan hanya pintar cari kerja dan tidak bisa menciptakan lapangan kerja
sendiri, padahal lapangan pekerjaan terbatas.Karena Belajar bukan hanya
berfikir tapi melakukan berbagai macam kegiatan seperti mengamati,
membandingkan, meragukan, menyukai, semangat dan sebagainya.

Inti nya yang menjadi masalah mendasar dari pendidikan di Indonesia ini
adalah sistem pendidikan di Indonesia itu sendiri yang menjadikan siswa
sebagai objek, sehingga manusia yang dihasilkan dari sistem ini adalah
manusia yang hanya siap untuk memenuhi kebutuhan zaman dan bukannya
bersikap kritis terhadap zamannya. Maka disinilah dibutuhkan kerja sama
antara pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi segala permasalahan pendidikan di Indonesia. Dan menjadikan masyarakat Indonesia mempunyai kualitas pendidikan yang baik, dan meningkatkan lagi kualitas pendidikan di Indonesia.

*Silakan Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *